Rabu, 30 Januari 2019

Cara Kerja, Fungsi ECM Dan Cara Kerja Komponen


 PRINSIP KERJA ECM AKTUATOR PADA SEPEDA MOTOR INJEKSI


 Tugas utama sensor yang ada di dalam kendaraan yaitu memberikan input, informasi atau data ke ECM (Engine Control Module) yang selanjutnya akan diproses dan diolah ECM,kemudian dikirim ke akuator untuk dilaksanakan.

 Pada saat kita berkendara tiba -tiba lampu lalu lintas nyala warna merah, Mata(Sensor) akan melihat lampu lalu lintas,mata akan mengirimkan informasi ke otak (ECM) ,otak akan mengelola informasi dan membandingkan dengan data yang telah tersimpan.Kemudian otak akan memeritah kaki dan tangan (Aktuator) untuk melakukan pengereman.

TIPE SENSOR :

 1.TP Sensor
 2.MAP Sensor
 3.IAT Sensor
 4.EOT Sensor
 5.BAS Sensor

Lokasi Instalasi

 Engine Control Module (ECM) terpasang dirangka atau tempat aman ,baik dari air maupun benturan.

Prinsip Kerja ECM

 Menerima sinyal dari berbagai sensor (sensor akan memberikan input ke ECM)
sensor bekerja di berbagai keadaan operasional mesin, laluECM mengelola data dan membandingkan denga para meter yang telah ada, kemudian memerintahkan aktuator (Output) untuk melayani kebutuhan mesin.

Gejala Kerusakan Umum

 Ketika ECM rusak ,maka kondisi mesin akan menjadi :

  1.Check engine(MIL)menyala
  2.Mesin tidak bisa di start

Lokasi

 Intake air temperatur sensor terpasang pada trotlle body, menjadi satu dengan sensor unit.

Fungsi

 Intake air temperatur sensor mendeteksi  suhu udara yang masuk ke intake manifold.

Cara kerja

 Intake air temperatur sensor (IAT Sensor) adalah koefisien temperatur negatif, nilai resistensi akan berubah sesuai dengan perubahan suhu udara di intake manifold , suhu udara yang rendah ,semakin tinggi nilai resistensi,dan suhu udara tinggi, resistensinya semakin rendah.

 Intake air temperatur dihubungkan seri dengan tahanan dan diberi tegangan 5 volt. Bila tahan IAT berubah karena temperatur , tegangan signal ke ECM akan mengalami perubahan. Perubahn tegangan identik dengan perubahan temperatur.

Gejala Kerusakan  sensor IAT

 Ketika IAT rusak maka kondisi mesin akan menjadi :

  1.MIL menyala
  2.Boros
  3.Kadar CO tinggi
  4.Start awal kurang sempurna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar